PRA RANCANGAN PABRIK TRISODIUM PHOSPAT DARI ASAM PHOSPAT 62%, NATRIUM KARBONAT 30%, DAN NATRIUM HIDROKSIDA 50% KAPASITAS 50.000 TON/TAHUN

INTISARI

Prarancangan pabrik trisodium phosphat dari asam phosphat 62%, natrium karbonat 30%, dan natrium hidroksida 50% yang berkapasitas 50.000 ton/tahun ini didirikan untuk memenuhi kebutuhan trisodium phosphat dalam negeri dengan kemurnian 98%. Pabrik ini direncanakan didirikan di Gresik, Jawa Timur. Bahan baku asam phosphat diperoleh dari PT Petrokimia Gresik, natrium hidroksida diperoleh dari PT Soda Waru, sedangkan natrium karbonat impor.

Reaksi pembuatan trisodium phosphat dilakukan dua tahap reaksi pada reaktor berpengaduk. Reaksi pertama adalah reaksi antara asam phosphat dengan natrium karbonat menghasilkan disodium phosphat, kemudian disodium phosphat direaksikan dengan natrium hidroksida menghasilkan trisodium phosphat. Reaksi pembuatan trisodium phosphat berlangsung pada suhu 90oC dan tekanan 1,5 atm dengan konversi 99,4%.

Alat-alat yang digunakan adalah tangki, mixer, pompa, alat penukar panas, bucket elevator, screw conveyor, reaktor, filter, evaporator, kristaliser, centrifuge, dan rotary dryer.

Untuk menunjang proses produksi, didirikan unit pendukung proses yang terdiri dari unit pengolahan air (air yang digunakan berasal dari air sungai), unit pengadaan steam (steam dihasilkan dari boiler dengan tekanan 6 atm), unit pengadaan listrik (listrik disuplai dari PLN dan generator sebagai cadangan), unit pengadaan bahan bakar, unit penyedia udara tekan, unit pengolahan limbah, dan laboratorium.

Pabrik ini didirikan dengan bentuk Perseroan Terbatas dengan sistem organisasi staff dan line yang dipimpin oleh dewan komisaris serta sistem kerja yang terdiri dari karyawan shift dan non shift.

Hasil analisa ekonomi prarancangan pabrik trisodium phosphat diperoleh Return on Investment (ROI) sebelum dan sesudah pajak adalah 23,94% dan 20,35%, Pay Out Time (POT) sebelum dan sesudah pajak adalah 2,95 tahun dan 3,29 tahun. Break Even Point (BEP) sebesar 51,22% dan Shut Down Point (SDP) sebesar 25,78%. Berdasarkan perhitungan ekonomi maka dapat disimpulkan bahwa pabrik trisodium phosphat layak didirikan.

Selengkapnya download disini

posted under |

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Translate

English French German Spain Italian Dutch
Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Pengunjung

free counters

Followers


Recent Comments