PRA RANCANGAN PABRIK PHTALIC ANHYDIDE KAPASITAS 40.000 TON/TAHUN

INTISARI

Pra rancangan pabrik phthalic anhydride dengan kapasitas produksi 40.000 ton/tahun dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan phthalic anhydride yang semakin meningkat baik di dalam negeri maupun Asia Tenggara. Phthalic anhydride dibuat dari bahan baku o-xylene dengan komposisi 98% o-xylene, 2% m-xylene dan udara. Sedangkan produk yang dihasilkan mempunyai komposisi 99,8% phthalic anhydride dan impuritas lainnya sebesar 0,2%. Pabrik ini direncanakan akan didirikan di kawasan industri Tangerang, Banten

Proses pembuatan phthalic anhydride ini menggunakan proses Von Heyden dimana reaksi berlangsung pada fase gas dalam reaktor fixed bed multitube dengan pendingin molten salt. Reaksi ini berlangsung secara eksothermis dengan kondisi operasi reaktor 340-360 oC dan tekanan 1,3 atm, dan katalis yang digunakan adalah V2O5 buatan NSKK, Jepang.
Alat-alat utama yang digunakan dalam pabrik ini antara lain fixed bed multitube catalytic reactor, switch condenser, agitated tank, pre distillation column dan main distillstion column.

Unit utilitas sebagai unit pendukung proses menyediakan steam, listrik, bahan bakar, air, udara tekan, dan pengolahan air buangan untuk kelancaran proses produksi. Steam saturated dihasilkan dari steam generator dengan memanfaatkan panas dari reactor dan catalytic incinerator. Steam yang dibutuhkan untuk proses sebesar 79758,68 kg/jam, listrik sebesar 480,07 kW, dan air sebesar 564,99 m3/hari. Untuk pengawasan kualitas bahan baku dan produk dilakukan di unit laboratorium.

Bentuk perusahaan adalah Perseroan Terbatas dengan sistem struktur organisasi line and staff. Sistem kerja karyawan berdasarkan pembagian menurut jam kerja yang terdiri dari karyawan shift dan non shift dengan jumlah karyawan total sebanyak 146 orang.

Pabrik ini beroperasi 330 hari selama 1 tahun. Hasil analisa ekonomi terhadap prarancangan pabrik phthalic anhydride membutuhkan Fixed Capital Investment sebesar Rp 165.474.829.874,14. Keuntungan setelah pajak sebesar Rp 49.227.211.161,87, dengan persen Return of Investment sebelum dan sesudah pajak sebesar 37,19% dan 29,75%. Pay Out Time sebelum dan sesudah pajak 2,12 tahun dan 2,52 tahun. Break Even Point sebesar 41,69%, Shut Down Point sebesar 22,87% dan Discounted Cash Flow sebesar 39,37%. Berdasarkan perhitungan analisa ekonomi maka disimpulkan pabrik phthalic anhydride ini layak didirikan.

Selengkapnya download disini

posted under |

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Translate

English French German Spain Italian Dutch
Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Pengunjung

free counters

Followers


Recent Comments