PRA RANCANGAN PABRIK STYRENE MONOMER PROSES DEHIDROGENASI KATALITIK KAPASITAS 80.000 TON/TAHUN

INTISARI

Styrene Monomer merupakan suatu senyawa yang banyak digunakan di dalam industri, terutama industri plastik (polimer). Alasan utama pemilihan judul “Prarancangan Pabrik Styrene Monomer Proses Dehidrogenasi Katalitik Kapasitas 80.000 Ton/Tahun” adalah karena selama ini Indonesia masih mengimport Styrene monomer dari negara lain dalam jumlah yang cukup banyak. Selain untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, peluang untuk eksport juga masih terbuka. Sebagai bahan baku pembuatan styrene monomer digunakan Ethylbenzene dengan kemurnian ± 99%, yang sudah dapat diperoleh dari dalam negeri. Adapun dipilih lokasi di daerah Cilegon, karena dekat dengan sumber bahan baku, dekat dengan pelabuhan dan merupakan daerah industri.

Styrene Monomer terbentuk dari Ethylbenzene yang mengalami dehidrogenasi pada suhu 580 – 6500 C dan tekanan 1,5 atm. Reaksi dehidrogenasi Ethylbenzene menjadi Styrene merupakan reaksi endothermis dan untuk menjaga suhu reaksi digunakan steam sebagai sumber panas. Reaktor yang digunakan adalah Multi Bed Reactor dengan reaksi samping yang terjadi adalah terbentuknya Toluene dan Benzene serta gas-gas noncondensable seperti Karbonmonoksida dan Hidrogen. Pemurnian Styrene monomer hasil reaksi dilakukan di dalam Drum Separator, Decanter dan Kolom Destilasi. Styrene Monomer yang dihasilkan mempunyai kemurnian 99,81 %.

Nilai Return on Invesment (ROI) sesudah pajak untuk pabrik ini adalah sebesar 20,01 %, Pay Out Time (POT) sesudah pajak sebesar 2,67 tahun. Sedangkan kapasitas Break Efent Point (BEP) adalah 41,14 %, dan kapasitas Shut Down Point (SDP) adalah 29,49 %. Nilai-nilai tersebut menunjukan bahwa pabrik styrene monomer ini layak untuk didirikan.

Selengkapnya download disini

posted under |

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Translate

English French German Spain Italian Dutch
Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Pengunjung

free counters

Followers


Recent Comments