MONITORING BANDWITH EKSTERNAL PADA JARINGAN KOMPUTER

ABSTRAK

Bandwidth merupakan salah satu hal yang penting dalam jaringan. Untuk mengoptimalkan penggunaannya diperlukan adanya proses monitoring terhadap penggunaan bandwidth tersebut. Untuk itu diperlukan sebuah tools yang dapat digunakan untuk melakukan proses monitoring terhadap penggunaan bandwidth di dalam sebuah jaringan. Pada tugas akhir ini, dikembangkan suatu perangkat lunak yang dapat mengatasi permasalahan tersebut.

Di dalam aplikasi ini akan didaftarkan beberapa fungsionalitas antara lain: proses display informasi penggunaan bandwidth secara live melalui antar muka aplikasi web, pemberian pesan kepada pengguna melalui email apabila melampui batas penggunaan bandwidth, penyimpanan informasi ke dalam basis data serta proses konfigurasi dari resource-resource yang digunakan oleh sistem.

Perangkat lunak ini terbagi menjadi dua bagian utama, yaitu aplikasi backend dan aplikasi web. Aplikasi backend bertanggung jawab untuk melakukan polling informasi, sedangkan aplikasi web berfungsi untuk mengatasi permasalahan administrasi yang ada di dalamnya. Teknologi yang digunakan adalah platform windows, bahasa pemrogram- an java, bahasa scripting jsp, DBMS mysql, dan webserver tomcat.

Proses development aplikasi ini menggunakan bahasa java dalam pembangunan aplikasi backend dan servlet serta bahasa scripting JSP dalam pembangunan aplikasi webnya. Pembangunan aplikasi ini menggunakan 2 library java yaitu jpcap dan joesnmp.

Selengkapnya download disini

posted under |

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Translate

English French German Spain Italian Dutch
Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Pengunjung

free counters

Followers


Recent Comments